DAMAI TANPA KATA ( WORLD MIME DAY", A Tribute to Marcel Marceau from Bandung")




oleh: John Heryanto

Di Eropa pada abad pertengahan di mana negara-negara sedang sibuk berperang dan revolusi terus di kobarkan dari atas pangung oleh para seniman lewat pertunjukan-pertunjukan drama, maka sejak saat itulah pemerintah turun tangan dan melarang adanya pertunjukan drama semacam itu. maka sejak saat itu muncullah drama bisu sebagi sebuh penyampaian isyarat/sandi unt menyampaikan misi perlawaan lewat bahasa tubuh "Commedia de l'arte" teater rakyat di abad pertengahan dan sejak saat itu pantomim berkembang di eropa dan seni pantomim mulai menyebar ke seluruh dunia dan banyak di gemari ketika munculnya industri film bisu(silent movie) beberapa tokoh pantomim yang berpengaruh diantaranya:Charlie Chaplin (1889-1977)Marcel Mangel(1923-2007)dll

di bandung sendiri pantomim mulai berkembang dan banyak digemari sekitar tahun 80-an salah satu tokonya adalah Alm. Bang Tilil seorang pemain longser yang dulunya sering bermain di depan statsiun Kereta Api Bandung dan sepeninggalnya sampai tahun 1986 pelaku pantomim masih jarang dan hanya berkembang dikalangan mahasiswa ASTI bandung.di tahun itu pula Studi Klub Teater Bandung menggelar Lomba Pantomim sebagai salah satu cara untuk lebih mempopulerkan pantomim di kalangan masyarakat karena pada waktu itu kebanyan acara-acara pantomim di TV hampir semuanya tidak berkualitas.

dan hari ini di bandung akan lahir tokoh pantomim baru yaitu Wanggi Hoediyatno Boediardjo (pendiri Mixi Imajimimetheatre Indonesia) setelah beberapa tahun seakan-akan pantomim lenyap tanpa gairah. dan wanggi mengingankan kita pada awal kemunculanya GIsella Tolle yang senang berpetualang.

kemarin Mixi Imajimimetheatre Indonesia merayakan WORD MIME DAY 2011 (1/10/20011) dengan "Walking Slow Action Mime"dari Buah Batu Menuju Finish di Taman Cikapayang sebagai sebuah reflesi dan perenungan bersama tentang bandung dan indonesia yang carut marut mulai dari korupsi,pengngguran,terorisme dan perebutan kepentingan dikalanagan pejabat pemerintah. semoga indonesia tetap damai sebab pantomim adalah bahasa perdamaian.

Komentar