NUANSA RUPA-SUDJONO


oleh john heryanto

Nuansa rupa adalah sebuh tema pada pameran lukisan karya frop.Dr.Sudjono Dirjosisworo yang di selenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat dari tanggal 21 sampai 27 oktober 2007 untuk yang kedua setelah pameran tunggalnya di Lirik art Gallery Bandung (2004)dalam menyambut hari ulang tahunnya yang ke 70 sekaligus sebagai perayaan sumpah pemuda dan sebagi sebuah usaha untuk lebih momotivasinya dalam berkarya. Baginya melukis adalah sebagai sebuah kegemaran sedangkan propesi yang sebenarnya adalah sebagi Guru Besar di Universitas Katolik Parahiangan Bandung dan sebagai hakim Ad Hoc Peradilan HAM di pengadialan tinggi DKI Jakarta.
Menurutnya dalam sebuah pidato sambutannya saat pembukaan pameran mengatakan bahwa pelukis indonesia yang sebenarnya adalah mereka yang mau melukis dengan kebebasan hatinya dan atas dasar keingin sendiri bukan melukis berdasarkan pesan orang seperti pada zaman kompeni.
Sedangkan menurut eddy hermanto(kurator) dalam sebuah narasinya mengatakan bahwa karya-karya sudjono merupak hasil dari pada refleksinya. Yang diharapkan dapat membawa pada pencerahan. Kalau kita perhatikan dari ke 24 lukisan yang dipamerkan ada sebanyak 13 lukisan bertahun 2010 dan sisanya lukisan bertahun 2009 dan 2002 itu menandakan bahwa diusianya yang ke 70 tahun masih tetap produktif dalam berkarya.

Komentar