CUKANG" SEBUAH PROSES MENUJU KEMENANGAN" THE JEBLEH TASIKMALAYA


oleh: joh heryanto
Cukang berbicara tentang sebuah jalan kehidupan untuk penghidupan yang absurd, yang di hadapkan pada dua pilihan dilematis dimana mju kena mundur kena diam berarti mati majupun belum tentu akan hidup yang jelas harus ada usah untuk merubah semuanya,. Cukang adalah sebuah jalan perantara atau sebuah jembatan yang harus di tempuh untuk penyelamatan ,kalu menurut Tukang buah dan si demplon(salah satu tokoh dalam naskah ini)bahwa besarnya jembatan itu bisa sebesar paha, atau tangan bahkan mungkin juga sebesar jempol kaki atu mungkin regang.
The Jebleh Tasikmalaya adalah sebuah rumah produksi teater dan musik yang lahir pada tanggal 9 januari 2010 yang di dirikan oleh H.Muchydin(Mang ayi), Pepen Ruspendi(Kutil),John Heryanto dan Una Bogie.
The Jebleh Tasikmalaya dalam mengikuti FDBS(Festival Drama Basa Sunda)XI Teater sunda Kiwari Bandung membawakan naskah Cukang karya Dadan Sutisna. dengan Sutradara H.Muchydin.para aktor: john heryanto, Pepen ruspendi, Rian Bungsu, Ina Japlin, Dody Panser, Kiki Kindi dan Asep Jumbo serta pemusik; Una Bogie, sandi mixmex, dan meri makan.
sebuah proses yang kami jalani dalam berkelompok dan berkesenian mulai dari lingkaran kecil penuh dengan kesederhanan dan hal-hal yang kecil mulai ngamen bersama di ruang-ruang publik, Terminal, taman, trotor hingga menjadi tukang parkir di dadaha.
keserhanan inilah yang menjadikan sebuah energi positip untuk mengusung sebuah proses kreatif. lelah memang!
apa yang kami jalai selama ini semta-mata demi asebuah angan-angan untuk terus berkarya dan berkarya walapun kami tidak tahu pasti hasilnya akan seperti apa yang jelas kami hanya berusaha sebisa kami untuk menciptakan kekaryaan secara total dan kapah.

Komentar